Manfaat Madu yang Tidak Kita Sadari

Madu cairan yang dihasilkan oleh lebah yang dapat kita konsumsi. Madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Dari berbagai minuman manis yang ada, madu adalah minuman terbaik untuk penyembuhan dan penambah energi. Tidak heran mengapa banyak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi madu ketika sedang tidak enak badan.

Manfaat Madu yang Tidak Kita Sadari


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai madu. Baiknya kita mengetahui salah satu jenis lebah madu yang banyak diternak di Indonesia. Memiliki nama ilmiah Apis Mellifera Lingustica adalah salahsatu dari lebah yang bersahabat dengan iklim di Indonesia. Mereka dapat menghasilkan madu dengan kualitas terbaik. Untuk kalangan peternak madu, lebah tersebut biasa dipanggil dengan sebutan lebah madu Italia.
Nah setelah tahu lebah penghasil madu terbaik di Indonesia, maka saatnya kita mengetahui manfaat dari madu yang telah dihasilkannya.

Keunggulan madu adalah bisa dikonsumsi setelah diambil sarangnya. Hal tersebut sangat mungkin karena madu memiliki zat yang bernama glukosa dan fruktosa dengan kadar yang cukup tinggi. Ketika pemanis yang lain seperti tebu harus diolah dahulu sebelum dikonsumsi, tidak sama halnya dengan madu.

Glukosa dan fruktosa merupakan komponen gula sederhana yang berguna untuk kelancaran gula darah. Gula sederhana ini memiliki keunggulan daripada gula biasa, yaitu mudah diserap oleh darah tanpa melalui proses pemecahan. Dari setiap 100 gram madu, terdapat 294 kalori. Dibanding dengan gula biasa, gula madu memiliki jumlah kalori lebih kecil, karena gula biasa memiliki jumlah 364 kalori setiap gram-nya.

Selain itu, glukosa juga sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Dikutip dari situs fungsi.web.id, manfaat glukosa adalah ketika energi kimia di butuhkan oleh tubuh, glukosa dioksidasi menjadi piruvat melalui proses yang dikenal sebagai glikolisis, yang merupakan sumber energi bagi organisme tertentu ini ysitu anaerob obligat yang tidak bisa memanfaatkan oksigen untuk metabolisme. Dalam organisme aerobik, bagaimanapun, piruvat biasanya terus maju ke reaksi siklus asam sitrat (TCAC) dan rantai transpor elektron, membentuk CO2 dan air. Reaksi ini kemudian dapat menghasilkan energi sekitar 18 kali lebih banyak dari glikolisis, terutama dalam bentuk ATP.

Gula biasa memerlukan proses pemecahan terlebih dahulu agar dapat dicerna oleh tubuh. Jadi ketika mengkonsumsi gula biasa, tubuh akan membutuhkan energi tambahan untuk memecah kandungan gula tersebut menjadi gula sederhana.

Selain memiliki 2 keunggulan zat alami yaitu glukosa dan fruktosa, madu juga memiliki kandungan asam amino. Kandungan mineral yang berguna untuk tubuh juga terdapat dalam madu, antara lain natrium, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, phosphor, sulfur dan mangan.  Tak lupa vitamin juga berperan dalam terbentuknya madu, yaitu riboflavin, thiamin, niasin, piridoksin, asam askorbat dan asam pantotenat.

Madu juga dapat menjaga kestabilan tubuh yang membuat badan tetap segar, memperlancar metabolisme serta mencegah gangguan pencernaan. Selain itu juga mengandung protein, dan sedikit gula kompleks. Bersifat antiseptik, antibiotik dan antifungal yang mencegah pertumbuhan berbagai mikroorganisme dan bakteri patogen serta jamur.

Dalam hal pengobatan, madu juga dapat mengobati luka pada kulit. Dengan mengoleskan madu pada daerah yang sakit, kulit akan lebih cepat mereorganisasi. Sel-sel kulit mati juga ikut menempel pada madu dan akan terbuang bersamaan dengan  dibersihkannya madu dari kulit.

Dalam hal perawatan, madu biasa digunkan sebagai masker wajah. Kegunaan masker wajah yang terbuat dari madu, adalah dapat membuat kulit lebih cerah. Mengangkat sel kulit mati dan membuat kulitmu tampak bersih alami. Bila dioleskan pada bibir dan ditunggu beberapa menit, madu dapat membuat bibir tampak lebih merah secara alami. Tapi ingat, semua dengan pemakaian yang teratur.

Nah itulah manfaat yang luar biasa dari madu. Masih maukah kamu dengan gula biasa? Atau mulai mengganti pemanis minumanmu dengan madu? Terserah pilihan kamu, yang terpenting adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi madu, karena berat badan akan bertambah dengan cepat bila kamu terlalu sering mengonsumsinya. Jadi konsumsi madu seperlunya ya...