Kurang Tidur Bisa Buat Pria Susah Dapat Jodoh

Kurang tidur selain member efek yang buruk bagi kesehatan juga membuat seseorang gampang emosi, susah kosentrasi dan juga cepat lelah. Bagi lelaki, kurang tidur juga dapat member efek yang lebih serius yaitu tidak menarik, menjadi alasan dijauhi cewek cantik dan sulit dapat jodoh.

Efek lain dari kurang tidur dapat jauh lebih mematikan seperti peningkatan resiko serangan jantung ataupun diabetes. Namun sulit mendapat jodoh juga jangan dianggap remeh, karena dapat membuat seseorang depresi dan dalam banyak kasus akan berujung kepada kecenderungan bunuh diri.



Sebuah penelitian yang dilakukan di di Stockholm University dan dipimpin oleh John Axelsson, PhD, melibatkan 25 pria dewasa yang tergolong sehat secara fisik. Penelitian tersebut mengungkapkan hubungan antara kurang tidur dan kesulitan mendapatkan jodoh.

Para pria yang menjadi paritisipan dalam penelitian ini diambil fotonya sebanyak 2 kali. Pengambilan pertama dilakukan setelah tidur malam selama 7-8 jam, sedangkan pengambilan foto berikutnya dilakukan setelah hanya tidur malam selama 4 jam.

Selanjutnya foto-foto tersebut ditunjukkan pada 40 wanita dewasa yang tidak pernah mengenal para partisipan tersebut sebelumnya. Para wanita ini sekaligus menjadi juri yang akan menilai foto-foto  mana yang tampak menarik dan mana yang tidak menarik.

Hasilnya wajah-wajah pria mengantuk yang sebelumnya hanya tidur selama 4 jam kebanyakan masuk kategori tidak menarik. Sedangkan sebagian besar atau hampir semua foto yang masuk kategori menarik adalah foto-foto yang diambil setelah tidur 7-8 jam.


"Salah satu faktornya adalah, orang yang mengantuk atau kelelahan tidak akan tampak menarik. Dan karena ketertarikan adalah pemicu awal dari perilaku seksual, maka perempuan cenderung menjauhi mereka yang mengantuk," kata Dr Axelsson