5 Bahaya Merokok Yang Wajib Diketahui

Bahaya merokok bagi tubuh bukanlah cerita baru, banyak penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan rokok tersebut. Bahaya merokok bukan saja bagi si perokok tapi juga bagi lingkungan disekitar perokok. Anda dapat memperoleh manfaat jangka panjang bila memutuskan untuk berhenti merokok. Manfaat ini bukan saja anda rasakan tapi juga bagi orang-orang tercinta disekitar anda.

Bahaya merokok sangat disadari oleh para perokok, karena setiap bungkus rokok saat ini wajib memuat peringatan yang berbunyi “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN.” Akan tetapi ketergantungan terhadap rokok ini membuat perokok meremehkan peringatan tersebut. Sampai suatu saat anda divonis menderita salah satu penyakit tersebut.

5 Bahaya Merokok Yang Wajib Diketahui

Kanker

Data yang dihimpun menunjukkan bahwa 90% kematian akibat kanker paru adalah para perokok pria sedangkan pada wanita 80%. Kematian karena penyakit kanker paru ini 23 kali lebih tinggi pada perokok pria dan 18 kali pada perokok wanita dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Sedangkan hasil riset menunjukkan bahwa mereka yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk mengidap kanker paru.

Selain itu merokok juga mengakibatkan kanker kantung kencing, rongga mulut, pita suara, serviks, ginjal, pankreas dan perut.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Merokok menjadi penyebab penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Seorang perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap epnyakit ini disbanding mereka yang tidak merokok.

Resiko terkena stroke dua kali lebih besar

Merokok dapat mengurangi sirkulasi darah karena terjadinya menyempitan pembuluh darah arteri. Oleh karena itu, perokok memiliki peluang sepuluh kali lebih besar terkena penyakit

Pembuluh darah, termasuk disfungsi ereksi/impotensi.


Merokok dapat menyebabkan anurisma aorta abdomen yaitu pelebaran lokal pembuluh darah aorta di bagian perut. Resiko kematian akibat penyakit ini juga cukup tinggi di kalangan perokok ketika pembuluh darah tersebut ruptur (pecah).

Gangguan Pernafasan

Merokok juga akan meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian yang disebabkan oleh penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok.

Gangguan Janin

Bagi wanita merokok dapat berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

 Bagaimana Cara Rokok Merusak Tubuh?

Dalam sepuluh detik sejak rokok dihisap maka  Nikotin akan mencapai otak, selanjutnya menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
Karbon monoksida yang tedapat pada asap rokok dapat mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.

karsinogen  sebagai salah satu unsur penyebab kanker pada tembako merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.


Unsur dari karsinogen yang bernama benzopiren dapat mengikat sel-sel di saluran nafas dan juga organ penting lainnya dari perokok sehingga menyebabkan kanker.