Mengenali 5 Jenis Penyebab Keputihan

Kebanyakan para wanita tidak terlalu peduli terhadap masalah keputihan selama masih terlihat dan terasa normal. Tapi ketika sesuatu di celana Anda terlihat atau terasa aneh, ini bisa menjadi alarm bagi  kesehatan anda yang perlu dikhawatirkan.

Keputihan juga dapat menjadi tidak normal apabila saat yang Anda lihat adalah warna yang aneh dengan aroma yang tidak sedap. Sebelum Anda panik, berikut ini adalah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai tentang jenis-jenis keputihan, seperti dilansir dari Womenshealth.


01. Bening menuju putih, basah, dan elastis

Keputihan ini akan muncul selama pertengahan siklus kesuburan anda. Itu  merupakan mekanisme alami dari tubuh untuk memudahkan sperma masuk ke dalam vagina dan juga mampu membuahi sel telur.

02. Putih dan gatal

Infeksi dari jamur akibat bakteri berlebih pada daerah Miss V bisa menjadi slah satu penyebab keputihan ini. Meski ini tidak terasa aroma berbau, rasa gatal pada labia luar atau juga dalam bisa sangat hebat. Infeksi ini bisa disebabkan berbagai hal, di antaranya seperti mengkonsumsi antibiotik dan juga kebersihan pakain dalam yang kurang diperhatikan.

03. Kuning kehijauan dan sedikit berbau

Dua bakteri umum yang menyebabkan penyakit kelamin seperti chlamydia atau gonore, dan itu bisa menjadi penyebabnya. Tanda-tanda dari infeksi ini seperti nyeri panggul dan juga rasa terbakar saat buang air kecil. Yang paling mengerikan, kebanyakan wanita bisa tidak merasakan apa-apa dari gejala ini.

04. Keabu-abuan, tipis, dan berbau tajam

Bakteri Vaginosis (BV) ini juga sangat umum dialami wanita usia 15 sampai 44 tahun. Hal ini mudah disembuhkan dengan obat-obatan resep setelah diagnosa dari dokter. Untuk alasan wanita mengalami BV belum diketahui.

05. Berbusa, berbau, dan berwarna abu-abu atau hijau

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh infeksi trichomoniasis. Ini merupakan penyebab penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan. Trichomoniasis juga dapat disebarkan melalui handuk dan benda lain yang memungkinkan kontak dengan kulit.