5 Masalah Perut Pertanda Sakit Serius


Sebagian besar organ penting manusia berada di dalam rongga dada dan perut. Karena itu jangan sekali-kali dikira masalah perut hanya seputar maag, masuk angin, dan hal-hal kecil lainnya. Banyak sekali penyakit serius yang bisa dideteksi dari kondisi perut.

Berbagai keluhan yang dialami mucul di perut dan bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius antara lain sebagai berikut:


01. Susah BAB


Hati-hati jika sering mengalami susah BAB (buang air besar) atau sembelit, apalagi yang berlangsung lama atau kronis. Salah satu penelitian di University of Newcastle menunjukkan penderita sembelit kronis 1,78 kali lebih berisiko terkena kanker kolorektal dan 2,7 kali lebih rentan kena neoplasma jinak.

02. Mencret atau diare


Seringkali diare tidak dianggap sebagai penyakit, melainkan mekanisme alami untuk mengeluarkan benda-benda yang tidak diperlukan atau bahkan membahayakan tubuh. Namun kalau berlangsung terus-menerus, diare perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan kematian akibat dehidrasi. Begitu juga, diare yang tidak sembuh-sembuh kadang bisa jadi gejala infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

03. Susah menelan


Ada banyak sekali kondisi yang memicu nyeri di sekitar kerongkongan. Radang tenggorokan merupakan salah satu pemicu yang paling umum, tetapi sering juga keluhan ini dipicu oleh penyakit yang lebih seperti seperti kanker di kelenjar tiroid yang letaknya di leher.

04. Masuk angin


Selain pegal-pegal dan perut kembung, keluhan masuk angin kadang disertai juga dengan sesak dan nyeri dada yang susah dibedakan dengan gejala sakit jantung. Istilah masuk angin sendiri tidak dikenal di dunia medis, namun banyak kasus serangan jantung berawal dari keluhan seperti masuk angin.

05. Buncit


Kegemukan yang terpusat di satu bagian, khususnya perut merupakan gejala utama adanya sindrom metabolik dan perlemakan hati. Kondisi yang membuat perut tampak membuncit ini berisiko memicu berbagai penyakpenyakit kronis seperti diabetes hingga serangan jantung.

Posting Komentar

0 Komentar