5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih merupakan salah satu dari jenis tanaman yang sering ditemukan di perkarangan rumah, baik pedesaan maupun diperkotaan. Tanaman hijau ini memiliki banyak sekali kandungan, seperti kavibetol, kavicol, fenil, propane, tanin, estragol, hidrosikavicol, minyal atsiri, pati, gula, dan kandungan zat lainnya. Sehingga membuat daun sirih ini begitu memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki daun sirih :


01. Untuk Mengatasi Jerawat

Daun sirih juga bisa bermanfaat sebagai bahan alami mengatasi masalah jerawat yang membandel. Caranya cukup dengan ambil 12 lembar daun sirih. Campurkan dengan sepotong jahe. Kemudian letakkan kedalam gelas, dan seduh menggunakan air panas yang baru mendidih. Minumlah air ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari secara rutin dan teratur, maka jerawat dan bintik hitam diwajah anda akan memudar.

02. Untuk Mengatasi Bau Mulut

Jika anda memiliki bau mulut yang tidak sedap, tentu bisa membuat rasa percaya diri kita akan menjadi kendor. Anda juga akan malas untuk berbicara dengan teman maupun saudara anda, karena sekali anda bicara bau mulut tak sedap akan tercium. Nah untuk cara mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat alternatifnya, karena daun sirih mengandung bahan alami yang mampu membasmi bakteri penyebab bau mulut. Caranya cukup dengan rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Ambil airnya dan buatlah berkumur secara rutin dan juga teratur setiap hari.

03. Untuk Mengatasi Sakit Gigi

Kandungan zat baik yang terdapat di daun siri sangat banyak, membuat daun sirih ini begitu memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi masalah sakit gigi. Memang mengalami sakit gigi sangat mengganggu aktivitas, bahkan bisa membuat tidur tak nyenyak. Cara penggunaannya cukup mudah, kita rebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih. Setelah mendidih, diamkan sampai tidak terlalu panas. Buatlah berkumur air tadi beberapa kali sampai sakit gigi tidak terasa lagi.


04. Untuk Mengatasi Mimisan

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung, yang biasanya disebabkan karena kondisi tubuh yang lelah. Untuk menghentikan darah yang keluar tersebut, anda bisa dengan menggunakan daun sirih. Caranya ambil selembar daun sirih, kemudian patahkan bagian daunnya lalu gulung. Setelah itu rebahkan tubuh anda, masukkan daun sirih ke dalam lubang hidung. Tunggu selama 15-30 menit, darah yang keluar tadi akan berhenti. Jangan mmencoba untuk menyedot darah mimisan tersebut.


05. Mengatasi Keputihan

Mengalami keputihan sering membuat banyak wanita resah, karena keputihan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap di daerah vagina bahkan bisa menimbulkan penyakit kanker. Daun sirih yang mengandung zat antiseptik, yang berguna sebagai pembunuh bakteri penyebab keputihan. Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi, untuk membersihkan daerah intim anda (vagina).


Nah itulah 5 manfaat daun sirih yang bisa anda coba. Semoga salah satu penyakit anda yang bisa diatasi dengan daun sirih ya sobat transiana, bisa sembuh. Karena sehat itu menyenangkan, semoga bermanfaat.