3 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Insomnia


3Ramuan Alami Untuk Mengatasi Insomnia - Mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan mengandalkan ramuan alami. Insomnia yang lebih populer disebut dengan gangguan susah tidur ini memang tidak selalu harus diatasi dengan konsumsi obat yang bisa berakibat fatal untuk penggunaan jangka panjang. Lebih baik memilih tanaman herbal yang bebas dari efek samping bahan kimia.


Berikut ini adalah ramuan alami yang bisa anda buat untuk mengatasi insomnia:

01. Biji Adas

Biji adas adalah tanaman obat yang telah dikenal sejak zaman dulu untuk meringankan beragam gangguan kesehatan misalnya untuk mengobati masuk angin, meringankan masalah kejiwaan dan menenangkan saraf. Kandungan stigmasterol dan flavonoid sangat baik untuk tubuh. Bila anda tertarik menggunakan biji adas supaya bisa tidur kebih nyenyak malam ini, cukup ambil 3/4 sendok makan biji adas. Tumbuk hingga benar-benar lembut. Kemudian masukan biji yang telah halus tadi ke dalam 1/2 cangkir air panas. Sebagai perasa alami, anda bisa menambahkan satu sendok teh madu. Konsumsi ramuan tradisional ini selagi hangat-hangat kuku. Setiap harinya anda bisa minum ramuan ini cukup dua kali saja.

02. Putri Malu

Putri malu adalah salah satu anggota dari kacang-kacangan. Tanaman ini telah secara luas digunakan di berbagai negara di Asia untuk mengatasi insomnia mulai dari India, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Selain itu putri malu juga efektif untuk menenangkan saraf dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bila anda ingin menggunakan putri malu sebagai obat tidur alami. Cukup ambil satu genggam daun putri malu. Masukkan ke dalam panci bersama dengan 1 liter air. Rebus hingga mendidih dan larutan tersisa setengahnya saja. Tambahkan madu saat akan mengkonsumsinya. Ramuan yang anda buat bisa digunakan untuk dua kali konsumsi dalam satu hari.

03. Buah Pala

Pala adalah bumbu dapur yang bisa digunakan untuk menyedapkan masakan. Bumbu ini juga efektif untuk mengundang rasa kantuk. Pastikan saja anda hanya menggunakan 5 gram pala sebab buah pala yang diasup lebih dari 8 gram berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Kondisi ini disebabkan karena zat terkandung dalam pala bisa berubah menjadi narkotika. Bila anda tertarik untuk mengatasi insomnia, cukup ambil satu butir buah pala. Kupas terlebih dahulu kulitnya, cuci bersih dan kemudian parut hingga lembut. Siapkan 1 cangkir air panas dan masukkan parutan pala tadi ke dalamnya. Tambahkan satu sendok makan madu. Anda juga bisa mengganti buah pala ini dengan bunga pala kering. Cukup konsumsi dua cangkir setiap harinya.